Monday 14 November 2016

Perintah Dasar Pada Linux || Prakerin BLC Telkom

Pada sistem operasi linux sering pula kita interaksi dengan sistem dengan menggunakan CLI, maka dari itu tidak ada salahnya untuk menghafal dan menguasai beberapa koding dalam CLI.



Berikut adalah perintah yang paling dasar pada linux :
1. apt-cache 
Untuk mencari aplikasi yang telah didownload oleh apt-get.
2. apt-get
Untuk menginstall atau uninstall aplikasi di linux, sebagian keluarga linux yang menggunakan adalah debian dan turunannya. Contoh untuk menginstall aplikasi apache. 
3. mkdir
Membuat direktori baru. 
Contoh : mkdir <nama folder> kemudian enter
4. mv
Untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi yang lain.
5. passwd
Digunakan untuk mengganti password.
6. rm
rm atau remove digunakan untuk menghapus file. untuk Secara default, tidak menghapus direktori.
7. rmdir
rmdir atau remove directory(ies) digunakan menghapus direktori, apabila kosong.
contoh : $ rmdir <direktori>
8. su
Untuk login sementara sebagai user lain. Bila user ID tidak disertakan maka komputer menganggap Anda ingin login sementara sebagai super user atau root. Bila Anda bukan root dan user lain itu memiliki password maka Anda harus memasukkan passwordnya dengan benar.
9. apt-get update
Update merupakan pembaharuan yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan memperbaharui sebuah program komputer atau penambahan data pendukung,termasuk juga memperbaiki kelemahan-kelemahan (bug) dan meingkatkan kegunaan atau kinerjanya.
10. apt-get upgrade
Upgrade digunakan untuk menginstal versi terbaru dari semua paket saat ini yang diinstal pada sistem dari sumber-sumber yang disebutkan dalam /etc/apt/sources.list. Paket yang terinstal akan di-upgrade dengan versi baru yang tersedia. dengan keadaan paket saat ini yang terinstal atau paket yang belum diinstal diambil dan diinstal. Versi baru dari paket yang terinstal yang tidak dapat di-upgrade tanpa mengubah status install dari paket lain akan tetap pada versi mereka saat ini. Update harus dilakukan terlebih dahulu agar apt-get tahu bahwa terdapat versi baru dari paket yang tersedia.
11. apt-get dist-upgrade
seperti upgrade biasa dengan memperbarui aplikasinya tetapi tetap mempertahankan versinya
REFERENSI
wikibooks: https://id.wikibooks.org/wiki/GNU_(Linux_Untuk_Awam)/Perintah-perintah_dasar