Saturday 12 November 2016

Install Linux Mint 17.3 Mate || Prakerin BLC Telkom

A. Pengertian
Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

B. Alat dan Bahan
1. Tentu yang dibutuhkan adalah pc atau laptop kita sendiri.
2. yang dibutuhkan selanjutnya ialah file .iso yang akan dibuat bootable "jika pakai flashdisk".
3. Ruang harddisk yang cukup.

C. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama
Pertama atur partisi dulu dengan disk management "GPARTED.
pada tahapan pertama kita akan disuguhkan dengan pilihan bahasa, biarkan default saja bahasa "English". KLIK Continue.
2. Kedua
Kemudian akan ditampilkan spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk installasi. menurut saya langsung default CONTINUE aja. setelah itu akan ada tampilan apakah kita akan menghapus seluruh partisi atau akan menggunakan partisi lain. Jika begitu maka pilihlah somethings else (sesuatu yang lain).
3. Ketiga
oke sekarang kita sudah memasuki tahap untuk mengatur partisi, apakah kita akan menambah ataupun menghapus sebuah partisi yang telah kita atur pada GPARTED tadi. ikuti konfigurasi partisi seperti gambar saya dibawah.
 
4. Keempat
setelah kita selesai untuk urusan partisi kemudian klik "Install NOW". kita akan dipertemukan dengan zone time, kita pilih jakarta.
5. Kelima
pilih jenis keyboard yang akan kita gunakan
 
6. Keenam
selanjutnya isi data diri anda dan password, usahakan password mudah diingat oleh kita sendiri
 
7. Ketujuh
setelah langkah keenam selesai klik continue, setelah itu tunggu hingga semua proses penempatan file selesai, hingga ada peringatan Restart Now.

D. Kesimpulan
sebenarnya masih banyak yang perlu dipelajari dari linux mint, ini hanyalah sedikit gambaran untuk installasi linux mint.

E. Referensi

Linuxmint Comunity : https://community.linuxmint.com/tutorial/view/928