Thursday 24 November 2016

Install Wine di Linux Mint || BLC Telkom

Bertemu lagi dengan saya, pada kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan bagaimana cara installasi wine, ok gak perlu lama - lama silahkan dibaca dan di praktekan



A. Pengertian
Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windowsyang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.

B. Latar Belakang
Saya apabila ingin me-remote mikrotik ingin menggunakan winbox di linuxmint, sedangkan winbox menggunakan eksentensi file .exe . Untuk membukanya maka harus menggunakan Wine.

C. Maksud Dan Tujuan
Untuk membantu anda jika ingin menjalankan aplikasi windows di linux (bukan dual boot atau virtual PC). Format aplikasi windows adalah .exe (mungkin yang lain tidak).

D. Jangka Waktu
untuk installasi Wine saya membutuhkan waktu 3menit

E. Alat Dan Bahan
- Komputer atau Laptop
- Koneksi Internet
- Sistem Operasi Linux

F. Langkah Kerja

1. Buka Terminal (ctrl+alt+t)
2. Masuk sebagai super user ketikan (su), kemudian masukan password

3. Update dulu sistem Operasi, dengan ketikan (apt-get update)

4. kemudian install winenya dengan (apt-get install wine)

G. Kesimpulan
Setelah saya menginstall wine saya searang sudah bisa membuka winbox di linuxmint dengan mudah


H. Referensi

Wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Wine_(perangkat_lunak)

2 komentar