Saturday 19 November 2016

Perbedaan Hub, Switch, Router Setelah Belajar Osi Layer

Bertemu kembali dengan saya, kali ini saya akan memberikan sebuah penjelasan dimana bahwa hub, switch, router itu memiliki fungsi yang berbeda. Dibawah ini adalah penjelasannya.

A. Pengertian


     Hub : adalah sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment).

     Switch : adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan perangkat pada jaringan komputer , dengan menggunakan packet switching untuk menerima, proses dan data untuk perangkat tujuan.

     Router : adalah perangkat jaringan yang meneruskan paket data antara jaringan komputer . Router melakukan lalu lintas mengarahkan fungsi pada Internet .




B. Latar Belakang
     
     Banyaknya yang mengalami kebingungan dalam memahami OSI Layer, dan dalam memahami perangkat mana yang termasuk dalam layer 1,2,3

C. Maksud Dan Tujuan

      - Agar tidak lagi menganggap hub, switch, dan router itu sama.
     - Mengerti prinsip kerja hub, switch, dan router
     - Dapat lebih mengerti dan memahami OSI Layer

D. Pemahaman

     Seperti tema diatas kita akan membahas tentang apa perbedaan dari hub, switch, router. berikut dibawah ini pembahasannya :

1.  - Hub perangat jaringan yang bekerja pada layer 1
     - Switch perangat jaringan yang bekerja pada layer 2
     - Router perangkat jaringan yang bekerja pada layer 3


2.  - Hub hanya bekerja tak lebih hanya sebagai penyambung atau konsentrator saja, dan menguatkan sinyal kabel UTP. HUB tdk Mengenal MAC Address sehingga tidak bisa memilah data yg harus ditransmisikan sehingga collision tidak bisa dihindari dari penggunaan HUB ini.

     - Switch mengenal MAC Adress sehingga bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke mana. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.
     - Router sudah kenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih. Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. 

E. Kesimpulan

Jadi yang dapat saya simpulkan adalah bahwa :
- hub hanya sebagai penyampung dengan tidak mengenal mac address
- switch sebagai penyambung juga tetapi sudah mengenal mac address
- router sebagai penghubung jaringan 1 dengan jaringan yang lain dengan sudah mulai mengenal ip address

F. Referensi
wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Hub
                  https://en.wikipedia.org/wiki/Network_switch
                  https://en.wikipedia.org/wiki/Router_(computing)
                  http://www.scg.web.id/2013/05/pengertian-dan-fungsi-nic-repeater-hub.html