Tuesday 24 January 2017

Konfigurasi Proxy Server Pada Debian 8.6

A. Pengertian

Untuk definisi proxy sendiri sudah pernah saya singgung pada artikel sebelumnya tetapi yang saya konfigurasi dahulu pada router mikrotik, kali ini kita akan membahas untuk Debian Router.
Proxy Server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya.

B. Latar Belakang

Pada debian router proxy server adalah merupakan hal yang sangat penting, dengan proxy server kita dapat memanagement bandwidth, menambah kecepatan internet bahkan memblokir suatu situs

C. Maksud dan Tujuan

- Meningkatkan Kecepatan internet
- Memblokir situs
- Memonitoring Log Activity client

D. Alat dan Bahan

- koneksi internet
- Debian Router
- dan Laptop untuk meremote

E. Waktu pengerjaan

waktu yang dibutuhkan adalah 20menit beserta pengujiannya

F. Tahap Pelaksanaan

 1. install squidnya terlebih dulu dengan perintah :
apt-get install squid3

2. kemudian kita konfigurasi pada squid proxynya dengan perintah :
nano /etc/squid3/squid.conf
3. kemudian cari keyword dengan menekan ctrl + w dan cari http_port 3128 dan tambahkan kata - kata transparent dibelakangnya, hingga menjadi seperti berikut.
http_port 3128 transparent

4. kemudian cari lagi baris http_access deny all dan kemudian ganti seperti ini :
http_access allow all

5. kemudian cari lagi cache_mgr webmaster . untuk webmaster bisa kalian ubah email / nama kalian, fungsinya agar nanti ketika ada pesan error akan menampilkan nama kalian.

6. yang terakhir cari cache_mem 256 MB, hilangkan saja tanda pagarnya

7. setelah semuanya selesai saatnya restart semua service dari squid proxynya, dengan perintah /etc/init.d/squid3 restart
 
G. Hasil dan Kesimpulan

Dengan Proxy server spped internet kita menjadi cepat karena kita seolah - olah sedang browsing di jaringan lokal, karena cache sudah tersimpan di proxy server.

H. Referensi

- Ebook mahir administrasi server pada ubuntu
- wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Server_proksi