Saturday 10 December 2016

Konfigurasi Mikrotik Dasar Dengan Winbox

A. Pengertian

Sebelum kita melakukan konfigurasi seperti biasa kita harus mengerti apa pengertian dari hal yang ingin dipelajari disini saya ingin sedikit mengulas pengertian dari Mikrotik, Mikrotik Router OS, Winbox, berikut ulasannya.
Mikrotik adalah adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.
Mikrotik Router os adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.
Winbox adalah utilitas kecil yang memungkinkan administrasi Mikrotik RouterOS menggunakan GUI cepat dan sederhana. Ini adalah Win32 biner asli, tetapi dapat dijalankan di Linux dan MacOS (OSX) menggunakan Wine.

B. Latar Belakang

Sebelum untuk konfigurasi lebih lanjut kita harus mengerti dari dasar terlebih dahulu, karena dari yang dasar itulah kita akan menjadi tahu.

C. Maksud dan Tujuan

Agar kita lebih paham dan mengerti untuk selanjutnya
 
D. Alat dan Bahan

- Router Mikrotik
- Kabel Utp
- Winbox
- Laptop atau yang lain untuk remote mikrotik

E. Waktu Pelaksanaan

Waktu yang saya butuhkan dalam memahami dan untuk konfigurasi adalah sekitar 1 jam, bahkan lebih

F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama kita hubungkan mikrotik dengan laptop kita dengan menggunakan media kabel utp
2. Berikutnya buka winbox, kemudian karena kita baru menggunakan pertama kali, kita login dengan menggunakan Mac Address, kemudian klik CONNECT
3. kemudian kita masuk kedalam menu ip > addresses. Disini kita akan mensetting untuk ip yang akan terhubung dengan laptop kita. Lakukan konfigurasi sebagai berikut :
- Address : isikan ip dan prefixnya
- Interfaces : isikan interfaces yang terhubung dengan Laptop kita
- Kemudian Apply, pasti nanti untuk Network akan terisi otomatis
4. Kemudian disini kita mensetting DNS, untuk DNS bisa diisi dari DNS nawala ataupun Telkom dan bahkan google. Jangan lupa centang Allow Remote Requests Hal ini dilakukan supaya IP Address yang ada pada interface Router selain untuk gateway juga bisa dijadikan sebagai alamat DNS Server bagi client.

5. Kemudian kita atur firewall untuk agar internet dari eth1 dapat masuk ke router dan dapat diakes oleh client. Lakukan konfigurasi sebagai berikut:
- Masuk ip > firewall
- Masuk ke tab NAT, kita tambah
- chain : srcnat
- out interfaces : eth1, karena eth1 yang terhubung ke internet
6. maih dalam NAT, pindah ke tab action, pada action pilih masquerade. Kemudian klik apply > ok


G. Hasil dan Kesimpulan

Disini kita sudah bisa untuk terkoneksi dengan internet, berikut adalah konfigurasi dasarnya mungkin kurang lebihnya mohon maaf.

H. Referensi

Wiki Mikrotik : https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Winbox&prev=search
Wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik